Kamis, 12 September 2013

Cempedak Dan Manfaatnya

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari family Moraceace.Buah cempedak hampir sama dengan nangka tetapi ada perbedaan. Banyak orang menyebut bahwa cempedak sama dengan nangka.Memang kedua buah ini hampir mirip kaya kembar identik.Buah cempedak memiliki nama latin.Arthocarpus champeden sedangkan nangka Arthocarpus integra. Bentuk buah rasa dan keharumnya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kaut mirip buah durian. Daging buahnya kaya zat gizi, khususnya vitamin A. kulit  dan bijinya pun dapat dimakan, kulit batangnya sebagai antitumor dan antimalarial. Dibandingkan dengan buah nangka harga buah cempedak lebih mahal. Kenikmatan buah ini memang tak dapat  digantikan oleh nangka. Namun dilihat dari komposisi gizinya, ia tidak kalah dari nangka.cempedak ada beberapa jenis,antara lain:



a]. Jenisnya beragam.

Cempedak terdiri atas beberapa jenis, di antaranya cempedak lokal, cempedak malaysia, nangka cempedak, dan cempedak air. 

Cempedak lokal adalah jenis cempedak yang paling banyak dikenal masyarakat Indonesia.
Cempedak jenis ini tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Bentuk buahnya lonjong silindris dan berwarna cokelat tanah atau agak kemerahan.Daging buah cempedak lokal lunak dan mudah hancur, tipis, kaya akan serat, dan berwarna kuning gading hingga agak kemerahan, kadang juga berwarna putih sampai merah jambu tua.

Cempedak malaysia memiliki keistimewaan pada ciri buahnya yang merupakan perpaduan antara cempedak lokal dan buah nangka. Bentuk buah cempedak malaysia sangat mirip nangka, bulat lonjong dengan duri besar, tumpul, dan warna kulit hijau.
Warna daging buah cempedak malaysia kuning kemerahan dan rasa manis. Aromanya khas, merupakan gabungan antara nangka dan cempedak.

Nangka cempedak adalah buah khas di daerah Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat. Keistimewaan buah ini karena lebih menyerupai durian, meski teksturnya menyerupai buah cempedak lokal.Kulit bawah nangka cempedak lebih halus dan tidak berduri. Warna kulit buah nangka cempedak hijau kehitam-hitaman. Daging buahnya berserat dan tipis.

Di daerah Jambi, terutama di sekitar Sungai Tapa, terkenal pula cempedak air. Buah cempedak air berbentuk silinder dan berwarna kekuningan atau kecokelatan.Tekstur daging buah cempedak air sangat halus dan lunak. Aromanya sangat manis seperti buah cempedak lokal. Saat ini cempedak air merupakan jenis cempedak langka yang hampir punah.

b]. Manfaat buah cempedak antara lain:

1>. Daun muda cempedak juga banyak digunakan sebagai sayuran. Biji buahnya enak disantap setelah diolah, digoreng, atau direbus seperti biji nangka, dimalaysia akarnya digunakan sebagai campuran jamu tradisonal untuk perempuan yang abru melahirkan.

2>.  Cempedak membantu menyehatkan mata, mengingat kandungan vitamin A nya cukup tinggi yaitu sekitar 200 SI per 100 gram. Vitamin A berperan dalam menjaga agar kornea mata agar selalu sehat.

3>.  Mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari pada nangka, dan mengandung serat pangan ( dietry fiber) yang cukup tinggi untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menekan angka kolesterol dalam darah.

4>.  Kulit batang cempedak ternyata juga mengandung komponen yang dapat membantu mencegah tumor dan malaria. Dan senyawa utama heteriflavon C yang dapat menghilangkan parasite penyebab malaria hingga 100%.

 sumber:

 http://jai-cempedak.blogspot.com/2009/12/cempedak-dan-manfaatnya.html
/http://wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/2012/02/06/manfaat-cempedak/

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks for info https://bit.ly/2ChpWlH

Anonim mengatakan...

youtube
youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube mp4 youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube videodl youtube youtube youtube youtube youtube youtube youtube  · Play It 바카라 사이트 on

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles